Posted in Programming

Pengolahan File dengan Java

Sumber gambar : Wikihow.com
Sumber gambar : Wikihow.com

Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman Java adalah dapat bekerja dengan file. Bahasa pemrograman Java memiliki banyak paket untuk banyak tujuan, beberapa darinya adalah paket-paket yang digunakan untuk melakukan pengolahan file.

Paket atau kelas yang akan kita gunakan adalah :

  • java.io.File : digunakan untuk bekerja dengan file.
  • java.util.Scanner : digunakan untuk membaca file.
  • java.util.Formatter : digunakan untuk membuat atau mengubah isi file.

Sebelum kita memulai, source code contohnya bisa diunduh di sini atau file proyeknya di sini.

Mari kita ke penjelasan.

  1. Penjelasan java.io.File01Tujuan dari sintaks ini adalah untuk mengetahui apakah file “/home/justahmed99/Coba.png” ada atau kah tidak.
  2. Penjelasan java.util.Scanner02file “/home/justahmed99/read.txt” yang telah diarahkan oleh file dibaca oleh variable sc yang bertipe Scanner.Perhatikan pada sc.hasNext(), hasNext merupakan method yang berasa dari paket atau kelas java.util.Scanner. Nilai pengembalian dari method ini adalah boolean. Selama file memiliki isi, nilainya akan benar dan mencetak isi file.

    Perhatikan pula sc.close(), sama seperti hasNext, method ini juga berasal dari paket atau kelas javal.util.Scanner. Fungsi dari close adalah menyatakan bahwa scan ditutup atau diakhiri.

    Hal yang tidak kalah penting adalah penggunaan exception, kode yang kita tulis akan error jika kita tidak menggunakan exception. Alasannya adalah, dalam penggunaan Scanner, ada kemungkinan gagal atau file tidak ditemukan.

  3. Penjelasan java.util.Formatter03Penggunaan kelas ini hampir mirip dengan penggunaan kelas sebelumnya. kita harus menggunakan exception untuk mengantisipasi kegagalan dalam proses.Formatter digunakan untuk membuat file dan menulisnya. Pada contoh, kita akan membuat file “/home/justahmed99/newfile.txt. Setelah file dibuat, kita dapat mengisinya dengan memanfaatkan format(), seperti yang terdapat pada contoh frm.format(“Hello friends!\n”), perintah tersebut akan memasukkan teks “Hello friends” pada file newfile.txt.

Demikianlah penjelasan singkatnya. untuk lebih jelasnya teman-teman bisa membuka link :

Semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Author:

I'm just a simple guy..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s